Senin, 31 Mei 2010

Pandangan hidup ialah bagaimana manusia memandang kehidupan atau bagaimana manusia memiliki konsepsi tentang kehidupan. Akibat dari pandangan hidup yang tentu berbeda-beda, timbullah pandangan hidup yang secara umum dapat dikelompok-kelompokkan yang lebih dikenal aliran atau paham. Misalnya, bahwa sebaiknya manusia mengutamakan diri sendiri yang pada akhirnya muncullah paham kapitalisme, dan manusia sebaiknya mengutamakan kepentingan umum atau masyarakat yang menimbulkan paham sosialisme.
Kebajikan mengandung arti perbuatan baik, sesuatu yang mendatangkan kebaikan. Dengan demikian, maka kebajikan merupakan suatu tindakan yang bersumber pada kebijakan, yaitu kepandaian/kemahiran.kata kebajikan dan kebijakan erat kaitannya dengan kata kebijaksanaan, yaitu kepandaian mempergunakan akal budi dalam mencapai suatu tujuan atau memecahkan suatu persoalan. Kebijaksanaan sering disebut sebagai policy apabila hal tersebut menyangkut segi pengaturan pemerintahan. Ketiga istilah tersebut mengandung pengertian yang baik, bertujuan luhur, sehingga erat juga dengan hati nurani.
Dengan kebaikan serta keluhuran seperti di atas, dikatakan bahwa kebajikan, kebijakan, maupun kebijaksanaan selalu bersumber kepada hati yang sangat mendasar dan dalam. Pertama, bersumber kepada suara Tuhan yang selalu membisikkan pada manusia untuk berbuat baik, dan menghindar dari hal-hal yang tidak baik. Kedua, suara hati nurani manusia yang berisi ketulusan dan kejujuran. Ketiga, suara masyarakat yang merupakan dari sekumpulan manusia dalam suatu lingkungan, khususnya suara masyarakat rendah yang miskin, yang selallu menuntut sesuatu yang sangat dibutuhkan dalam kehidupannya

sumber:

  • Ensiklopedia: Britannica Encylclopedia. London
  • Koentrjaraningrat.1974. Kebudayaan, Mentalitet dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia.
  • Widyosiswoyo, Supartono. 1993. Ilmu Budaya Dasar. Bogor: Ghalia Indonesia
  • nindythaa.ngeblogs.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar