Senin, 31 Mei 2010

Mudahnya Menjalani Hidup

Hidup tanpa penyesalan, berarti tidak melakukan sesuatu yang kelak akan mendatangkan penyesalan. Padahal tak ada satupun yang tahu apa yang akan terjadi esok hari. Bisa jadi penyesalan hari ini tidak bisa lagi diperbaiki, sebab kesempatan itu telah berlalu, atau bahkan tidak pernah tiba. Justru akan menambah dalam deretan list penyesalan. Karena itu senantiasa melakukan tindakan yang terbaik adalah suatu keharusan. Menjalani hidup sebaiknya hari ini, demi kebaikan di masa yang akan datang.

Tentu setiap manusia ingin menjalani hidup tanpa ada penyesalan pada akhir ceritanya kelak, kalaupun memang ada, pasti semuanya tidak mudah tuk dilalui. Lantas bagaimana jika penyesalan itu akhirnya terjadi (?). Ada dua pilihan yang bisa kita ambil. Pertama tenggelam semakin dalam pada lautan penyesalan. Menyiksa diri lebih lanjut, dan membiarkan gelombang asa terus menerjang jiwa pada kehampaan. Atau yang kedua, suatu hal penting yang harus selalu kita ingat, yakni menyadari bahwa segala sesuatu yang telah terjadi pada diri, baik atau pun buruk, adalah episode yang terbaik untuk kita.

Inilah indahnya hidup yang kita jalani. Sesungguhnya tiada ciptaan-Nya yang sia-sia (QS. 3:191). Bila hal ini telah tertanam dalam hati, maka kita dapat melihat bahwa terdapat limpahan hikmah pada segala hal. Bahkan pada suatu kemalangan yang menimpa sekalipun. Karena ujian hidup merupakan sarana edukasi dari Sang Pencipta, tentunya agar menjadi manusia yang lebih baik.

Jadi, mudah sekali ternyata menjalani hidup tanpa penyesalan. Cukup jalani hidup dengan sebaik-baiknya. Dan ketika cobaan itu datang, kita jadikan batu loncatan untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Meski demikian dalam aplikasi hidup, terkadang suatu yang sederhana menjadi sangat rumit ketika kita tidak berani untuk siap menyesali tindakan buruk yang telah terpijak.

sumber:
http://cordova-travel.com/blog/2010/05/28/hidup-harus-ada-penyesalan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar