Rabu, 06 Oktober 2010

Teknologi Internet dan New Media

Teknologi Internet dan New Media
Pada zaman semodern ini, kita mudah sekali menemukan warung-warung internet. Bahkan saat sekarang ini, warung internet lebih banyak dibanding warung telepon. Tapi sebelum kita membahas lebih jauh masalah Teknologi Internet dan New Media, baiknya kita mengenal apa itu internet dan apa itu New Media.
Internet berasal dari bahasa Latin yaitu inter yang berarti “antara”. Bisa diartikan jaringan antara atau penghubung. Jaringan ini meliputi jutaan pesawat komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dengan memanfaatkan jaringan telepon ( baik kabel maupun gelombang elektromagnetik). Fungsi internet yaitu menghubungkan berbagai jaringan yang tidak saling bergantung pada satu sama lain, sehingga mereka dapat berkomunikasi. Melalui internet kita juga dapat mengetahui berbagai informasi yang ada dari seluruh belahan dunia. Internet sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang. Seiring berjalannya waktu, media internet semakin berkembang. Sekarang tidak perlu kita menjumpai Warnet-warnet hanya untuk mengakses internet, kita bisa mengakses internet via telpon seluler dengan aplikasi wireless.Begitu mudahnya kita mengakses internet dimanapun kita berada. Dan itulah internet.
Kata Media berasal dari kata latin, merupakan bentuk jamak dari kata “medium”. Secara harfiah kata tersebut mempunyai arti perantara atau pengantar. Media adalah suatu alat yang menghubungkan kita dengan dunia luar. Tanpa media, kita akan sulit mengetahui apa yang terjadi di sekeliling kita. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa media adalah sumber informasi utama bagi semua orang di dunia. Dan salah satu wujud media baru yang membawa masyarakat ke dimensi lain pola-pola komunikasi yaitu media internet. Internet sebagai wujud new media, menawarkan sebuah potensi untuk mewujudkan tingkat interkonektivitas yang tinggi. Memungkinkan bagi munculnya interaksi secara cepat dan relatif mudah. Bisa dibayangkan dengan tingkat keterhubungan dan interaktivitas yang tinggi, maka dengan sendirinya dapat terbentuk berbagai jaringan-jaringan yang akan memicu timbulnya perubahan-perubahan sosial di masyarakat.
Salah satu contoh new Media adalah BlackBerry. BlackBerry adalah garis dari mobile e-mail dan smartphone perangkat dikembangkan dan dirancang oleh Kanada perusahaan Research In Motion (RIM) sejak 1996. BlackBerry berfungsi sebagai asisten digital pribadi dengan buku alamat, kalender dan to-do list kemampuan. BlackBerry juga berfungsi sebagai media player portable dengan dukungan untuk pemutaran music, video dan gambar kamera. BlackBerry terutama dikenal karena kemampuannya untuk mengirim dan menerima (push) Internet e-mail di manapun jaringan mobile cakupan pelayanan hadir, atau melalui Wi-Fi konektivitas. BlackBerry Internet Service, atau BIS tersedia di 91 negara secara internasional. BlackBerry Internet Service dikembangkan terutama untuk konsumen rata-rata dan bukan untuk konsumen bisnis. BlackBerry Internet Service memungkinkan integrasi email POP3 dan IMAP untuk pengguna pribadi individu. BlackBerry Internet Service memungkinkan hingga 10 account email yang akan diakses, termasuk banyak account email populer seperti Gmail, Hotmail, Yahoo dan AOL.. BlackBerry Internet Service juga memungkinkan untuk fungsi push kemampuan dalam berbagai Aplikasi BlackBerry lainnya. Berbagai aplikasi yang dikembangkan oleh RIM untuk Blackberry memanfaatkan kemampuan mendorong dari BIS, seperti klien Instant Messaging, Google Talk, ICQ, Windows Live Messenger dan Yahoo Messenger. Jaringan Sosial Facebook, Myspace dan sistem pemberitahuan Twitter diakses melalui BIS, memungkinkan untuk pemberitahuan mendorong mereka. Itulah sebagian fitur yang dimiliki Blackberry. Fitur-fitur yang dimiliki blackberry dapat memudahkan kita melakukan akses internet.
Media Internet yang sangat banyak memberikan kita berbagai macam pilihan untuk menggunakan atau mengaksesnya. Media internet dapat memberikan kita berbagai macam informasi, memudahkan kita untuk belajar dan juga bisa memberikan kita kemudahan untuk berinteraksi dengan dunia luar. Meskipun sepertinya media internet sangat berguna bagi perkembangan aman sekarang ini, tapi media internet juga dapat memberikan dampak buruk bagi penggunanya. Tidak sedikit, orang yang menyalahgunakan media internet, sehingga media internet juga tidak luput dari berbagai kontroversi. Jadi berhati-hatilah dengan teknologi yang ada. Gunakan sebaik mungkin dan jangan disalahgunakan.

Sumber : http://ikhsan-ai.it-kosongsatu.com/category/soft-skill/techno/
Sumber : http://www.scribd.com/doc/37897210/Teknologi-New-Media
Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/BlackBerry

Tidak ada komentar:

Posting Komentar